4.Gili Labak


       Hasil gambar untuk gili labak

           Gili Labak, ketika kalian mendengar kata tersebut pasti kalian akan menerawang keindahan pulau dan pantai di Lombok. Sayangnya, Gili Labak bukan di Pulau Lombok, melainkan di Pulau Madura. Jarak kota Surabaya dan Gili Labak, Sumenep, Madura hanya sekitar 166 kilometer dan dapat ditempuh melalui jembatan penyebrangan Suramadu (Surabaya-Madura) yang memancarkan cahaya indah pada malah hari.Jika tidak macet, jarak Surabaya menuju Gili Labak Sumenep Madura dapat ditempu dengan lama perjalanan sekitar empat jam perjalanan darat.
         Gili Labak memang tengah hits sebagai salah satu destinasi perawan nan tersembunyi. Kegiatan yang bisa kalian lakukan selain bermain di pantai juga menikmati keindahan bawah laut Gili Labak Madura dengan ber-snorkeling ria di sekitar pulau kecil.

Hasil gambar untuk gili labak
Hasil gambar untuk gili labak      pasirnya yang putih 
            Keindahan Gili Labak tak lain dan tak bukan karena pasir putihnya yang bersih dan halus. Apalagi tipikal pantai di Madura tidak terlalu berbahaya dengan ombak yang besar seperti di pantai Selatan. Kalian bisa dengan aman bermain seharian di Gili Labak atau menyelami keindahan pesona terumbu karang di Gili Labak Madura. Gili bukan hanya di Lombok tetapi juga kini yang tengah trending, berada di Madura.
Pulau indah ini tidak terlalu luas, hanya seluas lapangan sepak bola saja. Tak heran jika pesonanya baru diketahui beberapa tahun belakangan ini sebagai salah satu destinasi wisata yang tak bisa dilewatkan saat kalian berwisata ke Sumenep, Madura. Saking perawannya, destinasi wisata ini belum dilengkapi dengan infrastruktur wisata yang lengkap. Beberapa alat untuk snorkeling saja masih sangat terbatas.
                  Bird View Gili Labak Madura gililabak.com
          Melihat animo masyarakat yang penasaran dengan keindahan Gili Labak, sebaiknya pemerintah daerah cepat tanggap dengan potensi wisata Gili Labak Sumenep Madura ini. Selain bisa mengenalkan wisata lain di Madura, juga bisa dipromosikan sebagai destinasi yang bisa menandingi beberapa Gili di Lombok.
Karakter Gili Labak tidak berbeda dengan pulau-pulau di Kepulauan Seribu pada 10 tahun kebelakang.
    Gili Labak hanya diisi sekitar 30 kepala keluarga saja. Otomatis, pulau ini memang pulau yang tidak terjangkau sebelumnya bahkan boleh dikatakan sulit. Wajar jika infrastruktur pariwisata belum memadai. Namun, itulah yang menjadi keistimewaan Gili Labak. Pesona pantai dan terumbu karangnya tidak akan tergantikan. Keindahan memang tak selalu bisa diukur dengan uang.
Hasil gambar untuk gili labak
Bagi kalian yang gemar backpacker, Gili Labak cocok untuk dijadikan destinasi liburan. Siapkan saja alat-alat kemping. Kalian hanya perlu membawa perbekalan secukupnya untuk mengeksplorasi keindahan Gili Labak Sumenep Madura. Gili Labak tak bisa kalian lewatkan tahun ini, karena semakin dikenal, pesona keindahan pulau ini bisa saja tercemar. Tahu kan karakter traveler Indonesia? Baiknya sama-sama kita jaga kelestarian dan keindahan pesona Indonesia agar anak-cucu kita nanti juga bisa menyaksikan bahwa negerinya seindah negeri para Peri.

 Hasil gambar untuk gili labak
                                                   
Gili Labak dengan pasir putihnya

           Beberapa trip wisata Gili Labak mematok harga sekitar Rp. 300.000/ pak. Tidak berbeda jauh dengan paket wisata ke Pulau Tidung atau Pulau Pari. Harga tersebut untuk meeting point di Pelabuhan Kaliangat. Jadi belum termasuk ongkos dari kota asal kalian ke pelabuhan Kalianget ini.


        Fasilitas yang disediakan sangat beragam. Sebagai saran, tentu saja trip wisata lebih disarankan untuk dipilih. Pasalnya jika kalian tidak membawa tenda sendiri, beberapa penginapan sudah pasti dibooking oleh beberpa penyedia trip wisata. Perbedaan harga tidak akan terlalu jauh. Yang jelas, keindahan Gili Labak Madura sangat wajar dengan harga paket wisata seperti itu.
      Jangan lupa untuk membawa action camera yang sudah dilengkapi dengan water housing atau water proof. Pastikan kalian menjelajahi pesona biota bawah laut Gili Labak Madura. Traveler yang datang bukan hanya dari sekitar Surabaya saja, melainkan juga dari Jakarta dan Bandung. Akses dari Bandara Internasional Juanda-lah yang memudahkan para traveler bertandang ke Gili Labak Madura.
 

     Keindahan pantai Gili Labak tak berbeda jauh dengan keindahan pasir putih di Pantai Cemara Raja Ampat Papua. Kalian tidak perlu diving untuk menikmati keindahan pesona bawah laut Gili Labak. Tak jauh dari pesisir pantai kalian sudah bisa snorkeling dan menikmati biota laut Gili Labak Madura. Sayangi lingkungan ya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Akses Menuju Gili Labak, Sumenep, Madura

    Jika tidak membawa kendaraan pribadi, kalian bisa menggunakan bus umum menuju Sumenep Madura. Ongkosnya sekitar Rp. 55.000,-. Bus daerah Jawa Timur dikenal melayani 24 jam dan tidak sulit dicari. Kalian bisa naik dari terminal Bungurasih, Surabaya yang berangkat setiap jam. Pastikan kalian mendapatkan tiket dengan tarif resmi ya. Enaknya di Jawa Timur, semua armada bus menerapkan tarif resmi. Rasanya agak jarang berkeliaran calo.
 

     Tujuan pertama adalah Pelabuhan Kalianget. Dari Sumenep kalian bisa menyambung dengan menggunakan ojek atau bemo ke Pelabuhan Kalianget. Dari pelabuhan ini kalian harus menyewa kapal dari Kalianget – Gili Labak. Tarifnya biasanya berkisar antara Rp. 350.000 hingga Rp 400.000 dengan kapasitas antara 15 hingga 18 orang. Usahakan kalian datang ke Gili Labak secara rombongan untuk menghemat biaya penyewaan kapal dan tentu saja agar lebih berkesan piknik bersama teman-teman.

               Panduan Menuju Gili Labak Sumenep Madura

                           Gambar terkait

Oleh – Oleh Khas Sumenep Madura Yang Wajib di Beli

1. Sambal Petis Madura

      Sambal Petis Madura memang psti sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun untuk sambal Petisa khas madura ini warna nya tidak hitam seperti petis jawa melainkan warna nya lebih ke coklat. 
     Untuk Bau dari petis Madura ini cenderung ke bau ikan dan rasanya pun lebih guri dan asin. Petis di Madur ini biasanya di pakai ketika membuat rujak Madura ataupun bisa juga di makan bersama dengan nasi pengganti sambal.
                                  

2.Rengginang

Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep
           
             Oleh-oleh khas selanjutnya yakni renggiang. Reginang ini merupakan camilan berjenis kerupuk yang terbuat dari ketan yang diolah lalu dikeringkan dengan dibentuk bulat-bulat dan mungkin sudah sangat terkenal dan tidak asing lagi didaerah lain. 
           Namun untuk reginang di sumenep ini mempunyai ciri khas tersendiri yakni terdapat ikan lorjuk, atau sejenis ikan kecil-kecil yang ditempelkan pada reginang saat pengolahan.
Rasanyapun berbeda dengan jenis rengginang lainya di Madura. 
          Rengginang dengan campuran ikan lorjuk jauh lebih nikmat dan gurih dan sangat cocok bagi travelers untuk oleh-oleh ketika hendak akan kembali pulang. Penjualan rengginang jenis ini sangat banyak ditemukan di sepanjang jalan sumenep-pamekasan yang merupakan jalan protokol penghubung antar kabupaten di Madura.

                                                  

3.Terasi

Gambar terkait
              Selanjutnya terasi. Terasi ini biasanya dibuat untuk penambah rasa sedap pada olahan sambal atau masakan lainnya seperti sop dan soto. Di jawa, terasi juga sangat banyak seperti terasi khas sidoarjo, namun untuk terasi dari sumenep madura ini memang sangat berbeda dan jauh lebih nikmat rasanya.
             Terasi juga banyak dijual di sepanjang jalan protokol antar kabupaten. Jadi travelers tak perlu khawatir jika hendak mendapatkan terasi sebagai oleh-oleh pulang.

4. Keripik Singkong

                Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep

         Selain beberapa camilan dan oleh oleh di atas, di sumenep madura juga memiliki makanan ringan yang menjadi ciri khas sumenep madura, yakni keripik singkong dengan berbagai varian rasa yang sangat cocok untuk dijadikan camilan selagi bersantai di rumah.
        Keripik singkong ini dibuat di beberapa tempat di kabupaten sumenep. Sangat mudah untuk mendapatkannya, karena hampir seluruh toko di kabupaten sumenep dipastikan menjual keripik singkong ini dengan berbagai varian rasa yang dimiliki.

5.Batik

   Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep

         Di sumenep madura, selain terkenal akan wisata dan makanan khasnya, juga terdapat pengrajin batik sumenep yang mempunyai ciri khas daerah dengan corak khas sumenep dan juga warna yang beraneka ragam. Untuk bisa memiliki batik sumenep ini, anda bisa membelinya dengan harga yang terbilang cukup ringan, tergantung pada merek, bahan dan juga desain yang dipilih.
       Travelers juga tak perlu bingung untuk mendapatkannya, karena batik khas sumenep ini juga banyak dijual diberbagai tempat di kabupaten sumenep.

 6.Siwalan

        Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep

          Wisata pantai yang cukup banyak di kabupaten sumenep, travelers akan banyak melihat penjual siwalan berjejeran di sepanjang jalan menuju tempat-tempat wisata pantai. Siwalan ini merupakan bahan dasar yang airnya biasanya dijual dengan sebutan aren, Rasa dari siwalan ini manis dan juga segar. Tidak hanya itu, aren juga menjadi minuman penutup ketika travelers memakan buah siwalan ini.
        Siwalan dan aren merupakan satu kesatuan yang banyak dijual di sepanjang jalan. Jadi, siap-siap deh untuk menikmati kesegarannya.

7.Jubede

                  Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep

          Jubede atau jubada terbuat dari tepung yang dicampur dengan gula merah, setelah diaduk beserta air secukupnya, jubede dimasak hingga agak mengental. Setalah dimasak, lalu dibentuk gulungan panjang, kemudian dipotong kecil-kecil berukuran sekitar 2 – 2,5 cm dan dijemur. Setelah agak mengering jubede pun diikat per 3 biji gulungan dengan tali yang terbuat dari daun siwalan.
       Jubede ini akan travelers temukan di jalan raya Kopedi. Sebab, dari daerah sana jubede ini diproduksi. Kopedi merupakan jalur bus antar provensi yang dilewati para travelers ketika hendak menuju ke kabupaten sumenep. Jadi tak perlu khawatir untuk bisa mendapatkannya.

8.Man Reman


                        Berikut Daftar Oleh-oleh Khas Sumenep

          Jajanan satu ini merupakan khas kecamatan kalianget, ujung timur kabupaten sumenep, madura. Man reman terbuat dari tepung ketan dan gula aren, sehingga ketika dimakan akan menghasilkan rasa yang manis dan renyah.
         Sangat direkomendasikan bagi traveler yang berkunjung ke sumenep untuk membawa oleh-oleh ini. Apalagi, untuk mendapatkannya sangat mudah, man reman dijual diberbagai toko di jalur bus antar provinsi di kabupaten sumenep.
Hasil gambar untuk template kamsahamnida
Thank's for seeing and reading my blog

sumber : www.blog reservasi.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.Taman Nasional Bunaken

11.Taman Nasional Teluk Cendrawasih

5.Taman Laut Banda