14.Taman Laut 17 Pulau Riung

  

     Terletak di pantai utara pulau Flores di Kabupaten Ngada terletak sebuah kepulauan yang membentuk taman laut surgawi yang unik yang disebut Taman Laut 17 Pulau Riung. Klaster ini terdiri dari pulau yang airnya kaya keanekaragaman hayati, pantai berpasir putih dan air biru yang jernih di mana Anda dapat menyelam dan berenang di antara warna-warni dan beragam tempat tidur karang.


     Salah satu atraksi yang paling populer dimana pulau-pulau ini terkenal atas 'Mawar Laut', fenomena bawah air yang terkenal yang dapat dilihat di sekitar beberapa pulau. Di bawah permukaan lautan,  Anda akan menemukan kelompok mawar laut melambai dalam arus. Ini sebenarnya koleksi telur raksasa kelinci laut, terikat oleh membran, bersama-sama membentuk kelopak merah seperti mawar merah raksasa yang melambai di laut.


     Taman Laut 17 Pulau Riung yang membentang dari Toro Padang di bagian barat hingga Pulau Pangkor di timur, berbagai ukuran, tetapi semua hampir tak berpenghuni.
     Pulau-pulau utama: Pulau Ontoloe (yang terbesar), Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa (Pulau Pulau Tampa atau Tembang), Pulau Tiga (Long Island), Pulua Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire.

     Taman itu sendiri terletak tepat di belakang dermaga yang tenang di kota kecil Riung, di mana selusin kapal nelayan Bajo terikat, Meskipun bernama Taman Laut 17 Pulau Riung, Taman sebenarnya terdiri dari 24 pulau-pulau kecil dan indah. Namun, nama "tujuh belas" diberikan kepada Klaster ini sebagai pengingat untuk Hari Kemerdekaan Indonesia, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945.

     Taman Riung terletak di Kecamatan Riung, meliputi lima desa Sambinasi, Nangamese, Benteng Tengah, Tido dan Lengkosambi.


     Selain petualangan laut yang bisa didapat, di darat juga terdapat hutan untuk ditelusuri, dihuni oleh spesies eksotis seperti rusa Timor,  Biawak Mbou - jenis yang lebih kecil dari Komodo. Ada jugaberbagai macam burung langka yang membuat ini tempat yang bagus untuk mengamati burung. Di sini Anda akan melihat elang, bluwok, bangau putih, burung beo, cuckoos, bangau hitam dan kelelawar, dan parkit berdada kuning.

     Pada tahun 1995, Ngada di Kabupaten Ngada, berada di daftar UNESCO sebagai warisan budaya dunia tentatif karena masyarakat yang unik dan khas. Di sini Anda tidak akan berhenti 'kagum' dengan perubahan tegangan tempat wisata alam yang akan terlihat di antara pulau-pulau. Salah satunya adalah Taman Laut 17 Pulau Riung yang luar biasa.

     Untuk mencapai tujuan ini kita harus naik di atas bukit dan sempit, jalan berliku; perjalanan yang mungkin agak menakutkan bagi sebagian orang. Tapi jumlah pengunjung benar-benar berkomentar, bahwa jalan sempit dan berliku di sepanjang tepi jurang hanya sampai ke Riung, setengah petualangan. Namun, apa yang menunggu di ujung perjalanan adalah keindahan yang akan memukau siapa pun, dan membuat perjalanan layak menantang naik ke sana. Dalam salah satu bagian dari perjalanan ke Riung,sekitar kota Bajawa, Anda akan melihat hamparan hijau yang besar, tundra tertutup bukit, di mana tersebar pohon palem tunggal muncul seperti lilin di kue ulang tahun.


     Untuk sebagian besar, Riung masih cukup tersembunyi dari keramaian wisatawan, sebagian karena lokasinya yang terpencil dan perjalanan yang menantang untuk mencapai tujuan ini. Anda sering akan melihat turis berjalan bertelanjang dada melalui kota kecil ini, menikmati matahari dan ketenangan dari semua itu.

     Selain memiliki salah satu yang terbaik di Taman Laut Flores, juga sangat santai, tanpa terburu-buru suasana. Tapi keramahan penduduk membantu untuk menciptakan kedamaian, lingkungan seperti suasana untuk liburan yang tenang, sangat berbeda dari tujuan wisata yang lebih terkenal dan lebih sering dikunjungi seperti Jakarta, Surabaya, atau bahkan Bali.

Mencapai Lokasi


     Bandara terdekat ke Riung adalah Bandara Maumere. Ada penerbangan yang beroperasi dari Jakarta, Surabaya, atau Bali ke Maumere. Dari Denpasar ada penerbangan setiap hari ke Maumere terbang dengan Lion Air. Penerbangan dari Denpasar ke Maumere adalah sekitar 2 jam. Penerbangan dari Jakarta atau Surabaya ke Maumere biasanya memiliki koneksi baik di Denpasar atau Kupang.

     Ada juga penerbangan dari Bali ke kota Ende. Dari Ende ke Riung dengan mobil memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam.

     Dari Maumere Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan bus atau mobil sewaan ke Bajawa dan kemudian ke Riung. Penyewaan mobil tersedia di Maumere. Untuk mencapai Riung dari Bajawa, itu adalah sekitar 72 kilometer dan memakan waktu sekitar 4 jam dengan mobil.

     Transportasi umum juga tersedia di Bajawa. Salah satu layanan Gemini dua kali sehari sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Menyewa kendaraan mungkin menjadi alternatif terbaik untuk sampai ke Riung. Bepergian sendirian tidak disarankan jika Anda baru pertama kali ke Riung, karena jalan agak sulit untuk  dan mudah untuk tersesat.






Sumber:www.pedomanwisata.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.Taman Nasional Bunaken

11.Taman Nasional Teluk Cendrawasih

5.Taman Laut Banda