10.Wisata Bahari Tulamben

   
     Wisata Bahari Tulamben merupakan desa yang memiliki pesona alam bawah laut yang menawan.Hampir setaip hari desa ini selalu dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing.Mereka bertujuan untuk menikmati Wisata Bahari Tulamben yang telah terkenal hingga manca negara.
     Kesan pertama ketika menginjakkan kaki di Tulamben,hal yang luar biasa diobyek ini.Tidak begitu menarik jika dibandingkan dengan tempat wisata pantai lainnya yang ada di Pulau Bali.
     Tidak akan ditemukan bentangan pasir putih yang terasa lembut dikaki.Hanya hamparan batu-batu koral yang tampak menghiasi pantai.
     Namun perbedaan ini justru memberi sebuah pilihan bagi wisatawan yang berkeinginan untuk menikmati pesona alam pantai yang berbeda.
     Berjalan diatas batu-batu koral tersebut akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan ,karena sistem syaraf pada kaki akan tertekan sehingga membantu memperlancar peredaran darah.
     Sesuai dengan namanya tadi yaitu Tulamben yang berasal dari kata "batulambih" yang artinya ada banyak batu sebagai akibat dari letusan gunung Agung.Seiring berjalannya waktu nama tersebut berubah menjadi Batulamben dan akhirnya menjadi Tulamben.
     Lain dipermukaan ,lain pula  alam bawah lautnya.Tulamben menyimpan sebuah pesona keindahan kerajaan laut yang telah dikenal oleh banyak wisatawan.
     Airnya yang jernih dan arus lautannya yang tenang membuat aktivitas diving di Tulamben terasa lebih sampai dan begitu menyenangkan.Lokasi ini sangat tepat bagi para wisatawan yang ingin belajar menyelam.
Apa yang dapat ditemukan diwisata Bahari Tulamben?
     Bagi wisatawan yang ingin mencoba untuk menjelajahi wisata bahari Tulamben,wisatawan akan disambut dengan keindahan terumbu karang dan aneka ikan laut yang unik seperti jack fish,lion fish,leaf fish,garden eel,ghost pipe fish ,dan lain lain.
     Selain,itu dilokasi ini terdapat Kapal kargo Amerika USAT Liberty Glo yang tenggelam sekitar 25 meter dari bibir pantai.Pada kedalaman sehingga 30 meter para penyelam dapat menelusuri celah-celah kapal yang telah bersatu dengan dengan kehidupan laut.
     Tampak beberapa terumbu karang yang menempel pada dinding-dinding kapal dan aneka ikan laut yang menjadikan tempat tersebut sebagai wahana bermain bagi mereka.
Sekilas sejarah kapal USAT Liberty Glo
     Kapal Usat Liberti Glo dibuat pada saat perang dunia 1 diPhiladelphia dan berfungsi untuk mengangkut  pasukan Amerika pada tanggal 11 Januari 1942 kapal tersebut mengankut rel kereta api dan karet untuk kepentingan perang dunia 2.
     Berlayar dari Australia menuju ke Filipina.Ketika berada pada 19 km di selat Lombok,kapal selam pasukan jepang.
     Kapal perang Belanda "HNLMS Van Ghent" dan kapal perang Amerika "USS Paul Jones" berusaha untuk menarik kapal kargo tersebut menuju ke pelabuahan Belanda di Singaraja.
     Namun dikarenakan kerusakan yang cukup parah membuat USAT Liberty Glo dibiarkan tetap berada di panatai Tulamben.
     Pada tahun 1963 terjadi letusan 1963 terjadi letusan gunung Agung.Aliran lava hanya merusak wilayah desa Tulamben,namun juga membuat kapal USAT Liberty Glo tersebut lava hingga sekitar 25 meter dari bibir pantai dan tenggelam.

Transportasi
      Tulamben berlokasi di kecamatan Kubu kabupaten Karangasem,Bali.Jika dari Bandara Ngurah Rai akan membutuhkan waktu lebih dari 2 jam untuk sampai dilokasi dengan menempu jarak sekitar 106 km.
     Selama perjalanan wisatawan akan ditemani dengan pesona hijau alam Bali.Namun ketika akan sampai di lokasi pemandangan alam yang ditawarkan adalah sebuah tanah tandus berpasir dan terdapat bekas lava membeku.
     Wisatawan dapat menyewa mobil atau motor terdapat beberapa jasa sewa mobil atau motor dengan harga yang terjangkau.Mulai 200 ribu per hari sedangkan motor 50-75 ribu per hari.
     Namun dengan jarak lerjalanan yang cukup panjang jika wisatawan berangkat dari Bandara Ngurah Rai,maka sebaliknya wisatawan menyewa mobil.Terkecuali jika wisatawan dapat menyewa mobil.Terkecuali jika wisatawan berada di lokasi wisata Candidasa wisatawan dapat menyewa motor untuk ke Tulamben.
     Selain itu wisatawan dapat mengambil sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata yang ada dipulau Bali.Pastiakan dalam jadwal wisata tersebut  terdapat kunjungan ke pantai Tulamben.Biaya parkir mobil ditempat wisata ini adalah sebesar Rp5.000/mobil.
Penginapan
     Umumnya ada beberapa wistawan yang memilih menginap di lokasi wisata candidasa akan tetapi jika wisatawan ingin menginap diwilayah pantai Tulamben,telah tersedia beberapa penginapan berkelas yang layak dijadikan sebagai tempat beristirahat.
Saran:
  01.Temperatur udara di pantai Tulamben begitu panas hingga mencapai 35°C oleh karena itu sebaiknya setiap wisatawan menggunakan krim tabir surya.
  02.Memakai topi dan kacamata hitam akan membuat wisatawan meraaa nyaman selama berada di pantai.
  03.Tidak jauh dari pantai terdapat wisata bahari menarik lainnya Pantai Amed.
     Wisatawan dapat mencoba aktivitas diving disana.Tulamben adalah salah satu tempat wisata bahari yang menyenangkan di Pulau Bali.Pada saat musim liburan adad lebih dari 80 orang diving penyelam yang secara beraamaan menikmati keindahan Kerajaan Laut Tulamben.
     Bagi wisatawan yang gemar atau ingin belajar diving wisata Bahari Tulamben adalah tempat yang tepat untuk kegiatan tersebut.
Peta

Thank's for seeing and reading my blog

Sumber:www.pergiberwisata.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.Taman Nasional Bunaken

11.Taman Nasional Teluk Cendrawasih

5.Taman Laut Banda