9.Taman Laut Selat Pantar

    

     Taman Laut Selat Pantar berada diantara Pulau Alor dan Pulau Pantar.Taman laut yang terdapat disini bisa digolongkan sebagai taman laut terindah didunia dan konon terbaik setelah kepulauan karibia.

     Banyak wisatawan asing yang datang kesini untuk diving.Mereka umumnya datang dari Australia,Inggris,Selandia Baru,Kanada,Belanda,Belgia dan beberapa negara asia dan semuanya mengatakan kalau taman laut di Taman Laut Selat Pantar sangat mengagumkan.Bahkan mereka menemukan fenomena yang unik dan langka dilaut Selat Pantar.

     Seorang diver asal AS Ken Parker mengatakan"More big fish,prolific swarming masses of school than anywhere i've seen in 20 years of diving".Luar biasakan laut selat pantar merupakan taman lau terindah didunia.
      

     Keindahan laut selat pantar mencakup perairan Alor kecil,Dulolong,Pulau Buaya,Pulau Kepa,Pulau Ternate dan Pulau Pura keistimewaan dari laut selat pantar adalah memiliki banyak spot diving atau menyelam favorit wisatawan karena jumlah spot ada titik diantaranya :

1.Half Moon Bay

2.Peter's Prize
3.Crocodile Rook
4.Cave Point
5.The Edge
6.Coral Clitts

7.Baeylon
8.The Arch
9.Fallt line
10.The Patch

11.Nite Delt
12.kal's Dream
13.The Ball
14.Trip Top

15.Mlai Hall
16.No man's Land
17.The chatedral
18.School's Ut
19.Shark Close

Diving bersama ikan hiu

Lumba-lumba di Selat Pantar

     Titik diving shark close merupakan titik dimana banyak terdapat ikan hiu,namun ikan-ikan ini cukup bersahabat dengan para penyelam.Selain ikan hiu juga ada ikan lumba-lumba  abu-abu yang termasuk ikan langka.

Akses
     Akses menuju Taman Laut Selat Pantar bisa ditempu dari kupang menggunakan kapal ferry ke Tarakan.Waktu tempuh sekitar 12-13 jam dilanjutkan ke pelabuhan laut kalabahi dg perahu kayu sekitar 1 jam
     Sedangkan untuk akomodasi tidak perlu khawatir kepelabuhan Alor sudah banyak tersedia penginapan dan rumah makan.

B.    Keistimewaan

     Keistimewaan Taman Laut Selat Alor salah satunya ditunjukkan di titik selam Shark Close yang menjadi tempat paling menarik bagi wisatawan atau penyelam. Seperti namanya, titik selam yang satu ini sangat menarik karena para penyelam dapat bertemu dengan sekumpulan ikan hiu yang bersahabat. Selain ikan hiu, penyelam juga bisa menjumpai lumba-lumba abu-abu yang merupakan salah satu spesies langka.

     Keistimewaan lain dari Taman Laut Selat Alor adalah banyaknya titik selam yang potensial dengan pesona bawah air yang mempesona. Selain titik selam Shark Close, masih terdapat dua puluh lima titik penyelaman lainnya, yaitu Half Moon Bay, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Cave Point, The Edge, Coral Clitts, Baeylon, The Arch, Fallt Line, The Pacth, Nite Delht, Kal’s Dream, The Ball, Trip Top, The Mlai Hall, No Man’s Land, The Chatedral, dan School’s Ut. Titik selam yang banyak sekaligus daerah penyelaman yang luas memungkinkan para penyelam leluasa menikmati berbagai macam keindahan alam bawah laut yang yang tersaji di Taman Laut Selat Pantar.


     Titik-titik selam ini tersebar di perairan Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, Pulau Buaya, Pulau Kepa, Pulau Ternate, Pulau Pantar, dan Pulau Pura, yang mengundang decak kagum para penyelam profesional untuk datang ke sana. Bahkan, para penyelam kelas dunia pun mengakui, bahwa kawasan Taman Laut Selat Alor merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Peta

Thank's for seeing and reading


Sumber:wisata234.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2.Taman Nasional Bunaken

11.Taman Nasional Teluk Cendrawasih

5.Taman Laut Banda